LATEST ARTICLES


MANTA POINT

Manggarai Barat - Pulau Komodo sebagai pulau 'New 7 Wonder' sedang berbenah diri menjadi destinasi wisata kelas dunia. Pulau yang terkenal sebagai habitat alami Komodo ini juga menyajikan pemandangan bawah laut kelas dunia. 

Pulau Komodo memiliki 42 titik penyelaman (spot diving) dengan lebih dari 1.000 jenis ikan yang dapat disaksikan para penyelam. Di bawah laut pulau ini juga terdapat ikan Pari Manta yang jadi daya tarik bagi penyelam.

"Di sini juga ada Pari Manta yang jadi objek diving. Di sini Pari Manta nya kita jaga tidak boleh ada bom ikan karena ini salah satu hewan langka," ujar Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Helmi, saat kunjungan ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Selasa (5/4/2016).

Pari Manta yang ada di kawasan Pulau Komodo, berbeda dengan Pari Manta di spot diving lainnya seperti di Derawan, Kalimantan Utara. Menurut Helmi, Pari Manta di kawasan Pulau Komodo dapat dijumpai tiap hari tidak bergantung pada musim. Bahkan di sini ada spot yang biasa disebut Manta Point.

"Di sini tiap hari ada dan mudah dijumpai. Bahkan di sini Pari Manta nya besar-besar, lebarnya bisa 3 meter. Inilah salah satu kekayaan di Pulau Komodo," ucapnya.

Helmi mengatakan, di Pulau New 7 Wonder ini terdapat ribuan jenis ikan, 385 jenis karang, 23 jenis mangrove. Komodo juga dikatakan Helmi sebagai jantung karang dunia.

"Makanya kami selalu mengimbau kepada nelayan jangan sekali-kali menggunakan bom ikan atau racun yang dapat membuat mati hayati laut. Termasuk kemarin Pak Menko Maritim pas kunjungan ke sini, dia memerintahkan Bu Susi (Menteri KKP) untuk menjaga laut di Taman Nasional Komodo," ujar Helmi.

Sedangkan, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian LHK, Tachrir Fathoni, mengatakan Taman Nasional Komodo memiliki potensi kegiatan wisata terestrial yaitu trekking dan bird watching, khususnya melihat fauna Komodo yang merupakan binatang purba, serta potensi wisata perairan seperti snorkeling dan diving yang menjadi favorit wisatawan. 

"Dengan jumlah pengunjung Taman Nasional Komodo per tahun sebanyak 90.000 wisatawan pada tahun 2015, dengan perbandingan wisatawan asing sebanyak 90 persen dan wisatawan nusantara 10 persen," ucap Tachrir di kesempatan yang sama. (rvk/fdn)

Sumber : https://news.detik.com/


Bagi Anda yang ingin Menikmati Keindahan Bawah Laut di Manta Point, serta Pulau-Pulau lain di Seputaran Labuan Bajo, KM. Dirga Kabila 19801 Siap Melayani Anda !!!

KLIK Paket  1 Hari/Full Day
KLIK Paket  2 Hari 1 Malam
KLIK Paket  3 Hari 2 Malam
KLIK Paket  4 Hari 3 Malam


Terima Kasih

Pemilik Kapal,
ads 720x90
bm

Pemilik dari : https://www.komodotraveling.com - https://www.komododigital.info – www.komodoboattrip.info – www.labuanbajoprint.com - Hub. Saya Melalui SMS/Tlp/WA/Telegram di : 085338393535

Posting Komentar